Patjar Merah: Asik Meliterasi



Buat kamu yang suka baca buku lokal, pasti tau dong sama pameran yang baru-baru ini diselenggarakan di Gedong Kuning. Yak betul! Festival Literasi Kecil dan Pasar Buku Patjar Merah. Pameran yang diselenggarakan pada tanggal 2-10 Maret 2019 ini memamerkan buku-buku yang bermutu dengan harga terjangkau. Kamu bisa membawa pulang buku-buku tersebut mulai dari harga lima ribu rupiah saja. Selain memamerkan buku-buku yang kece, diadakan pula talkshow dan workshop dengan tokoh-tokoh yang ga kalah asik.

Pada hari Kamis, 7 Maret 2019 lalu saya berkunjung ke pameran tersebut. Bertepatan dengan diadakannya talkshow dengan Tim Kisah Tanah Jawa. Acara yang dimulai pada pukul tujuh malam tersebut di isi oleh Hari Hao, Bonaventura D. Genta, dan Mada Zidan. Pengunjung Patjar Merah dilempar ke masa lampau dan diceritakan bagaimana tim tersebut menyusun buku yang berjudul ‘Kisah Tanah Jawa’.  Pengunjung dengan asik mendengarkan kisah-kisah yang berada di luar akal sehat tersebut.

Pengunjung terlihat antusias terhadap sesi talkshow tersebut. Kursi penonton penuh. Banyak yang berdiri mengitari panggung hingga empat saf. Ketika di buka sesi sharing-sharing, tak sedikit yang mengangkat tangannya. Mereka menceritakan pengalaman ‘di luar akal sehat’ ke pembicara. Cerita dari para pengunjung sempat membuatku ngeri.

Buat temen-temen yang ingin kesana, bisa cari di GoogleMaps untuk lokasi acaranya. Cukup membayar parkir dua ribu rupiah saja. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk pameran. Walaupun belum ada buku yang menarik perhatian saya, tapi acara ini cukup mengundang banyak penggiat buku indie yang lain.

0 comments:

Post a Comment