Sikunir: Keindahan Nirwana

Sumber: objekwisatadieng.com


Dieng menyimpan potensi alam yang melimpah. Salah satunya adalah wisata Golden Sunrise Sikunir. Terletak di desa paling tinggi di Asia Tenggara, Desa Sembungan, Sikunir menawarkan pemandangan alam yang sungguh memanjakan mata. Sikunir memang selama ini kondang dengan sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Butuh setidaknya 1 jam perjalanan mobil dari pusat Kota Wonosobo untuk mencapai kawasan Desa Sembungan. Namun, lamanya waktu akan terbayar dengan indahnya  pemandangan sepanjang perjalanan. Hawa pegunungan yang sejuk turut menambah keasyikan berkendara, sehingga lelah tidak akan begitu kentara.

Oiya, untuk memasuki kawasan wisata Dieng, kita perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000. Uang ini wajib kita bayarkan di tempat pemungutan retribusi yang akan kita temui di perjalanan setelah melewati pasar Garung. Namun, ini hanya untuk memasuki kawasan Dieng saja. Kita harus membayar bea masuk kembali di objek wisata yang ingin kita masuki. Nah, untuk memasuki objek wisata gunung Sikunir, kita harus merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja.

Uniknya, di kaki gunung Sikunir terdapat telaga yang membentang. Telaga ini bernama Telaga Cebong, karena berbentuk seperti kecebong bila dilihat dari puncak gunung Sikunir. Di sekitaran telaga ini biasanya digunakan sebagai tempat camping ground pengunjung, karena dilarang mendirikan tenda di puncak oleh pengelola.

Untuk mencapai puncak Sikunir, kita harus mendaki selama 30 menit. Tapi, kita tidak perlu takut akan tersesat. Di Sikunir telah dibuat tangga-tangga sebagai jalur pendakian beserta pagar pengaman di pinggir tebing. Jadi, pengunjung tidak perlu repot-repot membawa parang untuk membuka jalur baru. Namun, yang kurang adalah pencahayaan. Maka, sangat disarankan bagi pengunjung untuk membawa lampu sorot sendiri-sendiri agar tidak tersandung anak tangga, atau salah menggandeng pasangan orang lain.

Di puncak, segala kelelahan selama pendakian terbayar lunas. Gunung Sumbing, Ungaran, dan Prau akan terlihat begitu cantik disinari mentari pagi. Pun dengan hutan dan pemukiman yang masih diterangi bola lampu namun berpotongan dengan matahari yang mulai muncul dari balik cakrawala. Bukan salah bila Sikunir memang disebut sebagai tempat hunting sunrise tebaik se Jawa Tengah.

Akan tetapi, alangkah baiknya bila berkunjung ke Sikunir pada musim kemarau. Selain kemungkinan turun hujan kecil, awan di langit akan lebih sedikit. Sehingga, kita bisa menikmati Golden Sunrise secara optimal.

Oiya, satu lagi, jangan lupa bawa sampahmu turun ya!

0 comments:

Post a Comment