Penyedia Ilmu dan RESIDENSI PENULIS: Memburu 'Kata'




Apa itu Patjar Merah?

Patjar Merah adalah suatu event atau festival literasi yang dimana terdapat pasar buku yang banyak jenisnya looh. Tidak hanya buku pengetahuan dalam satu bidang dan tidak hanya berlaku bagi kaula muda, namun di Patjar Merah banyaaaaak sekali terdapat buku-buku yang menginspirasi, mengedukasi, memotivasi, dan memenuhi selebrasi dari hobi menulis dan membaca. Termasuk saya yang hobi membaca. Jadi itulah Patjar Merah, yang dimana kita dapat mencari dan menemukan buku yang kita perlukan, juga dapat mendengar langsung dari narasumber yang berpengalaman dalam bidang menulis dan membuat suatu buku yang menurut saya itu dapat menginspirasi saya khalayak muda ataupun tua untuk semakin mengembangkan kreatifitas yang sangat berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk Patjar Merah semakin solid yaa dan semakin sering diadakan event ini biar makin rajin rakyat membaca.

Dalam Festival Kecil Literasi di Patjar Merah kali ini mereka mendatangkan narasumber yang berpengalaman dalam bidang menulis, dan uniknya narasumber tersebut menulis buku yang dimana idenya itu berasal dari traveling. Yeeess! Berkeliling bisa menghasilkan duit dari tulisan yang kita tuangkan selama perjalanan yang menjadi materi dalam penulisan. Narasumber tersebut yaitu Trinity, yang mendapatkan residensi di Peru dan juga Sunli Thomas Alexander yang mendapatkan residensi di Belanda. Mereka merupakan orang-orang yang beruntung mendapatkan program residensi yang bisa disebut beasiswa bagi para penulis-penulis agar bisa tahu lebih dekat dengan sumber tema yang mereka tuliskan. Sederhananya, dengan bergaul dengan penduduk lokal agar bisa memahami pola pikir dan kebiasaan mereka tentunya. Tak hanya itu, mereka juga meneliti buku-buku tua yang ada di perpustakaan kota tempat mereka bermukim sementara agar tulisan yang ingin mereka buat tampak nyata.

Festival Literasi Patjar Merah ini dilaksanakan pada tanggal 2-10 maret 2019 lalu, lumayan lama bukan. Dengan waktu 9 hari ini kita bisa looh bolak-balik untuk mendalami hobi yang tadinya hanya membaca bisa saja menjadi seseorang yang menyediakan ilmu bagi para pembaca hehehe Aamiin. Patjar merah yang diadakan di Yogyakarta ini tepatnya dijalan Gedong Kuning No.118 Rejowinangun, Kota Gede, Yogyakarta. Suatu event yang sangat cocok dan tepat diadakan di Yogyakarta khususnya, yang dimana Yogyakarta itu sendiri identik dengan mahasiswanya. Namanya juga kota pelajar..hihihi


Mengapa harus ke Patjar Merah? Dapat ilmu gratis, siapa yang kagak mau yaak! Kalau bukunya yaa harus beli hehehe. intinya kalau kamu pergi ke event Patjar merah berarti kamu sudah menjemput ilmu.

Adapun kata-kata narasumber yang paling bagus menurut aku saat Talkshow adalah, ‘Untuk menjadi penulis, usia bukanlah menjadi tolak ukur. Walaupun kita udah tua gak menjadi alasan untuk kita berhenti menulis, dan kalau kita gak bisa traveling lagi untuk mencari materi penulisan, kita dapat menjadikan kehidupan yang kita jalani sebagai materi penulisan kita.’

                                       “Gak ada alasan buat gak nulis”

0 comments:

Post a Comment