Minggu Berfaedah Bersama Patjar Merah



Menggawali hari minggu di awal bulan Maret ini saya dan beberapa teman saya mengisi libur kuliah dengan kegiatan yang berfaedah yaitu mengunjungi sebuah event Festival Kecil Literasi & Pasar Buku di Patjar Merah. Event ini sangat menarik dan ramai dihadiri pengunjung, mulai dari anak-anak, mahasiswa, hingga orang dewasa. Selain pasar buku yang sangat murah ada juga kegiatan Lokakarya dan Obrolan Patjar dalam serangkaian kegiatan yang dilakasanakan pada tanggal 2-10 Maret ini. 


Patjar Merah merupakan festival kecil literasi dan juga pasar buku dengan harga yang ramah di kantong mahasiswa maupun orang dewasa. Patjar Merah menghadirkan berbagai macam buku-buku seperti novel, fiksi, sastra, agama, pendidikan, dan masih banyak ribuan buku lainnya dari penerbit di Indonesia. Situsai yang saya lihat saat berada di pasar buku, tidak sedikit tangan yang mebolak-balik tumpukan buku yang tertera rapi dimeja dengan harapan menemukan koleksi buku yang menjadi buruannya.



Pada hari kedua event Patjar Merah ini saya dan beberapa teman saya mengikuti sebuah obrolan yang diadakan oleh Patjar Merah dengan tema “ Korean Waves dan Industri Buku Indonesia”. Pembicara yang dihadirkan sangat menarik ada Cahyo Satria (Pemred “Shira Media), Syafial Rustama (Pemred “Bukune”), Shifra Lushka (Penulis “BTS-Today We Fight!”), dan Asabell Audida (Penulis “Eufloria”).

Dalam obrolannya kali ini keempat pembicara menjelaskan gagasan mereka mengenai Korean Waves dan juga bagaimana industri buku di Indonesia dengan menerbitkan buku-buku yang berbau Korean. Pada obrolannya kedua penulis menceritakan bahwa mulai dari sekedar hobi dan kecintaan mereka bisa menghasilkan sebuah karya yaitu novel yang terinspirasi dari idola mereka, bahkan lagu-lagu yang dibawakan idola mereka banyak memberikan makna tersendiri bagi Shifra Lushka dan Asabell Audida yang akhirnya bisa dituliskan dalam buku, bahkan berhasil diterbitkan merupakan kebanggan bagi mereka sendiri.


Jadi yang saya dapatkan dari obrolan patjar tentang Korean Waves  ini adalah, bahwa apa yang menjadi hobi kalain, dan apa yang kalian sukai jadikanlah hal itu sebuah karya yang bisa bermanfaat untuk kalian sendiri bahkan bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apapun itu harus tetap berkarya, semangatttt :)

0 comments:

Post a Comment