MENCICIPI KULINER EKSTREM, SWIKE CABANG PURWODADI

Sop Swike

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memilki kuliner yang unik dan beragam. Penulis mendapat rekomendasi kuliner dari teman, katanya di Yogyakarta terdapat kuliner yang bisa dibilang cukup ekstrem yaitu kuliner dari olahan daging kodok yang enak, sontak penulis agak sedikit geli tetapi juga penasaran karena penulis belum pernah makan olahan daging kodok sebelumnya. Nah, minggu lalu kami berkunjung ke salah satu warung di Jalan Diponegoro, sebelah barat tugu Jogja kira-kira 300 meter yang bernama Warung Swike Purwodadi. Ketika tiba di lokasi, warung ini terlihat tidak begitu ramai. Penulis langsung saja memesan salah satu menu yang direkomendasikan oleh teman penulis, yaitu sop swike.

Tidak perlu menunggu lama, menu yang penulis pesan sudah datang. Awalnya penulis agak ragu ketika akan mencicipinya karena seperti yang dibilang tadi, penulis belum pernah memakan olahan daging kodok sebelumnya. Begitu pertama kali menggigit dagingnya, tekstur lembut yang menyerupai daging ayam langsung terasa. Nasi ditambah kuah yang panas, gurih, pedas, serta rasa manis merasuk hingga ke dalam dagingnya. Masakan ini dihidangkan dengan perasan jeruk nipis, taburan bawang goreng, dan daun seledri yang membuat nafsu makan bertambah.

Sebenarnya swike bukanlah kuliner khas Yogyakarta. Menurut google, Kota Purwodadi merupakan kota yang pertama kali memperkenalkan kuliner ekstrem ini. Ya, nama warungnya saja Swike Purwodadi tentunya kuliner ini berasal dari Kota Purwodadi. Dengan karakteristik rasa Chinese food, masakan ini memiliki wangi yang harum sehingga membuat siapa saja ingin menyantapnya. Masakan ini sangat pas di makan ketika cuaca sedang panas terik maupun ketika musim hujan seperti sekarang ini. Swike bisa dibilang sebagai menu biasa bagi orang asli Purwodadi namun tidak jarang orang-orang merasa bahwa menu ini sebagai menu yang cukup ekstrem untuk disantap, contohnya seperti penulis yang baru pertama kali menyantapnya.

Terdapat beberapa variasi untuk mengolah makanan khas Purwodadi yang satu ini. Semuanya mempunyai rasa yang berbeda namun dengan bahan utama yang sama yaitu daging kodok. Warung makan ini menjual berbagai jenis olahan swike mulai dari Swike Kuah Tauco, Swike Goreng Mentega, Swike Lombok Ijo, Swike Goreng Tepung, Swike Tongseng, dan Pepes Swike. Harganya tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp. 9.000 - Rp. 29.000 saja. Warung Swike Purwodadi ini buka setiap hari, mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB.


Sahabat bloggers tertarik untuk mencicipi olahan daging kodok yang satu ini? Tidak ada salahnya jika sahabat bloggers sedang berada di Kota Yogyakarta untuk mampir di Warung Swike Purwodadi ini. Salam.

0 comments:

Post a Comment