Invasi Doppelganger, Pengalaman Menakutkan Sang Sutradara

Poster Film US


Film US merupakan film yang berkisah tentang Doppelganger. Doppelganger adalah penampilan yang mirip secara biologis atau ganda dari orang yang hidup, kadang-kadang digambarkan sebagai fenomena hantu atau paranormal, dilihat sebagai pertanda nasib buruk. Ada keyakinan yang mengatakan bahwa orang yang melihat Doppelganger akan mati beberapa tahun setelah ia di datangi oleh Doppelganger. Tradisi dan cerita lain menyamakan Doppelganger dengan kembaran jahat. Di zaman modern, istilah “twin strangers” lebih banyak digunakan. Kata “Doppelganger” sering digunakan dalam arti yang lebih umum dan netral, dan dalam bahasa gaul, digunakan untuk menggambarkan setiap orang yang secara fisik menyerupai orang lain.

Film US dibuat berdasarkan pengalaman dari sang sutradara yaitu Jordan Peele. Pada suatu saat, Jordan bertemu dengan “dirinya sendiri” pada dini hari saat ia turun dari kereta. Pengalaman tersebut membuatnya ketakutan setengah mati hingga ia tidak dapat melupakan kejadian tersebut. Pada akhirnya Jordan kemudian mulai menulis naskah film US. Film ini akhirnya di produksi oleh perusahaan produksi bernama Monkeypaw Productions. Jordan Peele menjadi penulis naskah, sutradara, sekaligus produser dari film ini. US berdurasi 116 menit. Universal Pictures merupakan distributor film US.

Film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Adelaide yang bertemu dengan Doppelgangernya. Di ceritakan pada tahun 1986, di suatu malam Adelaide kecil bertamasya dengan kedua orang tuanya ke taman bermain yang terletak dekat dengan pantai Santa Cruz. Namun, Adelaide kecil lengah dari pengawasan orang tuanya. Ia berjalan menyusuri pesisir pantai Santa Cruz hingga ia menemukan sebuah wahana di tepi pantai yang penampakannya mirip rumah hantu di pasar malam Indonesia.

Adelaide kecil kemudian masuk ke dalam wahana tersebut dan menyusurinya. Di dalam, beberapa dinding wahana ternyata adalah cermin. Adelaide dapat melihat pantulan dirinya lewat dinding cermin tersebut. Ia mulai panik untuk bisa menemukan jalan keluar. Hingga pada akhirnya ia bertemu dengan Doppelgangernya. Sesosok anak kecil perempuan yang sangat mirip dengan dirinya, dia sadar itu bukan pantulan dari cermin.  Ia terkejut dan sangat ketakutan dengan kejadian tersebut.

Semenjak kejadian tersebut, orang tua Adelaide mendapati bahwa putrinya banyak berubah. Orang tuanya terus berkonsultasi dengan psikolog anak. Berbagai upaya mereka lakukan demi mendapatkan putrinya kembali normal. Akhirnya usaha mereka tidak sia-sia. Adelaide berhasil bersosialisasi kembali. Ia mulai mengikuti kursus menari dan berhasil menampilkan pertunjukkan luar biasa.

Pada tahun 2019, diceritakan Adelaide telah memiliki keluarga. Ia menikah dengan Gabe Wilson dan memiliki dua orang anak. Mereka berlibur musim panas ke rumah orang tua Adelaide. Setibanya di rumah, mereka akhirnya memutuskan untuk pergi ke pantai Santa Cruz setelah berdebat cukup lama. Sebab Adelaide masih terbayang-bayang akan peristiwa 1986 yang ia alami. Suami dan kedua anaknya tidak tahu menahu soal itu.

Selepasnya pulang dari pantai, pada malam hari terdapat satu keluarga di halaman depan rumah mereka. Keluarga tersebut berjumlah empat orang. Sepasang suami dengan dua orang anaknya, berdiri sejajar bergandengan cukup lama di depan halaman rumah mereka. Ternyata satu keluarga tersebut adalah Doppelganger keluarga Adelaide. Terlebih lagi tak hanya keluarga Adelaide yang memiliki Doppelganger diri mereka masing-masing tetapi keseluruhan warga Amerika pasti memiliki Doppelganger. Di film tersebut Doppelganger disebut sebagai Tethers, mereka adalah pembunuh. Para Theters memiliki gunting berwarna emas di sakunya. Gunting tersebut adalah senjata mereka untuk membunuh orang.

Film ini mendapatkan skor 7,4/10 di IMDb. Terbilang cukup rendah di bandingkan dengan film karya Jordan sebelumnya yaitu Get Out di tahun 2017 yang mendapatkan skor di IMDb sebanyak 7,7/10 dengan genre yang sama yaitu Horror-Thriller.

Melalui film ini, Jordan Peele berhasil membuat penonton merasakan ketakutan yang pernah ia alami di lorong kereta bawah tanah melalui adegan ketika Adelaide kecil bertemu dengan Doppelgangernya. Terlebih lagi adegan tersebut terdapat di bagian awal film. Adegan tersebut tidak di gambarkan secara langsung apa yang terjadi di antara dua Adelaide tersebut. Setelah mereka bertatapan, scene langsung berganti di adegan ketika Adelaide sudah kembali bersama keluarganya.

Sepanjang pemutaran film ini sangat membuat penasaran penonton. Jordan Peele selalu memiliki kejutan. Sebab film ini memiliki alur campuran yaitu maju-mundur dan begitu seterusnya. Walau begitu film ini tetap dapat dimengerti setiap alurnya. Sebab alur mundur ke Adelaide kecil selalu bisa menjawab pertanyaan ketika alur maju saat Adelaide sudah berkelurga, ketika keluarga dia di terror oleh Doppelganger. Ternyata Doppelganger selalu memiliki ikatan dengan dirinya di dunia nyata.

Yang menarik adalah Jordan dalam karyanya ini memiliki begitu banyak inspirasi dari fakta dan kejadian yang ada di dunia nyata. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengalaman Jordan bertemu dengan Doppelgangernya adalah kunci utama dari setiap cerita pada film. Hal lain adalah fakta bahwa di Amerika terdapat ribuan terowongan yang tak dipakai lagi dan terbengkalai begitu saja. Terowongan tersebutlah yang menjadi hunian para Tethers dalam film US. Selain itu ada juga gerakan Hands Across America yaitu sebuah gerakan kemanusiaan yang terjadi pada 25 Mei 1986 di Amerika. Hands Across America pada film US merupakan gerakan persatuan para Theters atas keberhasilan mereka menghancurkan dunia luar. Selain itu juga, Jordan menambahkan ayat Alkitab yaitu Jeremiah 11:11 atau Yeremia 11:11.

Pada filmnya ini Jordan juga membubuhi bumbu bumbu kejenakaan. Walau memang genre film ini Horror-Thriller tapi tak semua adegan selalu bikin tegang dan takut. Terdapat juga beberapa adegan yang dapat saja mendatangkan tawa. 

Film ini dikemas secara apik. Musiknya selalu membuat tegang. Selain itu sinematografinya juga sangat bagus. Film ini sangat direkomendasikan bagi para pecinta Horror-Thriller, Slasher. Kalian pasti akan terheran-heran dengan ending US ini. Sebab ending-nya sungguh plot twist. Kalian tidak bisa menebaknya.



Judul Film: US
Durasi: 116 menit
Sutradara: Jordan Peele
Produser: Jordan Peele, Jason Blum,Sean McKittrick, Ian Cooper
Penulis naskah: Jordan Peele
Pemeran: Lupita Nyong'o, Winston Duke, Elisabeth Moss, Tim Heidecker, Madison Curry, Shahari Wright Joseph, Evan Alex, Noelle Sheldon, Cali Sheldon
Tanggal rilis: 8 Maret 2019 (SXSW), 20 Maret 2019 (Indonesia)

0 comments:

Post a Comment