Para Bajingan Yang Menyenangkan




Judul                : Para Bajingan Yang Menyenangkan
Penulis             : Puthut EA
Penerbit           : Buku Mojok
Cetakan           : Pertama
Tahun              : Desember 2016
Tebal               : vi + 178 halaman; 13x20 cm
ISBN               : 978-602-1318-44-7
Harga              : Rp58.000,00

Buku apa sih ini sebenernya? Sangat menarik perhatianku ketika aku melihat-lihat buku. Judulnya nyeleneh. Bajingan. Kata yang asing digunakan untuk sebuah judul. Buku ini kayak mendobrak norma sosial dengan menjadikan kata umpatan sebagai judul sebuah buku. Apalagi buku ini ditulis oleh Puthut EA, dan diterbitkan oleh Mojok. Dulu Mojok sempat jadi perbincangan karena gaya kepenulisannya yang asik dan berbeda dari media-media lain. Tentu saja membuatku makin penasaran tentang isi buku ini. Sepertinya akan menjadi seru ketika membacanya.
Sekelompok anak muda yang merasa hampir tidak punya masa depan karena nyaris gagal dalam studi tiba-tiba seperti menemukan sesuatu yang dianggap bisa menyelamatkan kehidupan mereka: bermain judi.

Ya, itu tulisan di belakang bukunya. Apalagi ini. Kehidupan mereka diselamatkan oleh permainan judi. Tambah penasaran saya, akhirnya saya beli buku ini dengan harga yang lumayan terjangkau.
Cerita dalam buku ini menggunakan sudut pandang orang pertama. Berisi beberapa karakter, yaitu penulis, Bagor, Kunthet, Proton, dan Babe. Jujur saya sendiri sulit menghafal nama. Biasanya ketika membaca sebuah buku fiksi, saya hanya mengingat dua karakter saja. Maksimal tiga lah. Itu aja kadang-kadang masih suka lupa siapa namanya yang selain tokoh utama. Namun, entah kenapa aku tetep bisa baca gitu. Lanjut terus mengalir mengikuti cerita. Ceritanya asik soalnya. Sekumpulan laki-laki yang suka nongkrong, mungkin kurang lebih akan sama seperti cerita di buku ini. Dalam percakapannya, sering diselingi umpatan-umpatan. Tidak seperti buku fiksi pasaran yang normatif. Entah akunya yang termasuk golongan bajingan, jadi bisa relate atau bagaimana ya kurang tahu saya hehe.

Bahasa yang digunakan tidak hanya bahasa Indonesia, sering kali menggunakan bahasa Jawa. Buat kamu yang kurang mengerti bahasa Jawa namun ingin membacanya, jangan khawatir. Dibagian belakang buku ini terdapat kamus kecil. Terjemahan bahasa Indonesia dari diksi bahasa Jawa yang digunakan dalam proses berceritanya.

Buku ini menarik. Buku ini mendapat rating 3.86/5 oleh GoodReads. Pembawaan yang lugas dan ringan bikin kita bisa rehat sejenak. Sambil tertawa terhadap guyonan receh Jackpot Society. Recommended gaez!

0 comments:

Post a Comment