Warung Makan Bali Putra - Citarasa Khas Bali di Jogja


Sebagai orang yang lahir dan besar di Bali, namun sekarang tinggal di Jogja selama 5 tahun, saya kangen dengan masakan-masakan khas Bali. Untungnya tinggal di kota besar seperti Jogja, saya bisa mencari restoran dengan makanan khas Bali disini. Setelah saya cari-cari di forum dan review Google Maps, akhirnya saya menemukan salah satu restoran yang menjadi rekomendasi. yaitu : Warung Makan Khas Bali Putra.

Restoran ini berlokasi tidak jauh dari alun-alun kidul Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Namburan Kidul No.10. Tinggal jalan kaki ke timur dari alun-alun kidul Yogyakarta sejauh kurang lebih 300 meter. Atau naik Ojol dengan tarif sekitar Rp.30.000 dengan mobil dan Rp.15.000 dengan motor apabila anda berada di sekitaran UGM-UNY. Walaupun makanan khas Bali, semua makanan disini halal karena tidak mengandung Babi. Jika Anda masih ragu, ada juga bakmi jawa dan soto di sebelah warungnya.

Yang menjadi Top Picks saya adalah Nasi Jinggo. Ada 2 porsi yaitu jumbo dan biasa. Nasi Jinggo ini terdiri dari ayam sisit, oseng kacang, sambal dan mie keriting. Ayam sisit ini yang menjadi primadona lauk dari menu ini. Ayam sisit ini adalah ayam yang sudah disuir-suir dengan bumbu khas Bali. Rasanya asin dan gurih yang lezat. Bayangkan ayam suiran soto namun ada bumbu yang membuatnya asin, gurih dan pedas. Kemudian oseng kacangnya mirip dengan kacang yang ada di nasi bungkus tetapi kali ini rasanya asin dan gurih dengan sedikit rasa pedas. Mirip dengan rasa ayam sisitnya. Sambalnya juga terasa asin dan gurih. Berbeda dengan sambal khas jogja yang manis. Selain itu anda juga harus mencoba sate lilitnya. Sate yang berbahan ikan ini sangatlah lezat. Lagi-lagi bumbunya serasi dengan ayam sisitnya. Menu lainnya ada ayam taliwang, ayam betutu,sambal kepala ikan tuna. Nasi campur dan snack-snack lainnya. Harga perporsinya untuk nasi jinggonya adalah 10.000 rupiah.

Selain itu warung ini juga bisa dipesan melalui Gofood atau Grabfood dengan nama restoran yang sama. Disini juga menerima pembayaran dengan Gopay atau OVO untuk pmebayaran cashless. Juga tersedia EDC untuk pembayaran dengan kartu debit/kredit. Akhirnya saya bisa makan-makan dan juga nostalgia dengan masakan Bali.

0 comments:

Post a Comment